Saturday, October 27, 2018

17 Manfaat Olahraga Lari Yang Wajib Anda Ketahui

17 Manfaat Olahraga Lari Yang Wajib Anda Ketahui - Banyak sekali manfaat olahraga lari (terutama lari pagi) bagi kesehatan. Olahraga lari membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Fungsi pernapasan kita akan lebih baik jika rajin berlari. Olahraga lari juga bisa berdampak pada penurunan berat badan jika diimbangi dengan pola makan yang benar. Seperti apa manfaat lain dari olahraga lari?

17 Manfaat Olahraga Lari Yang Wajib Anda Ketahui
Img: tokolahraga.com

Berikut manfaat melakukan olahraga lari:



Memperkuat Tulang

Rajin berolahraga lari akan membantu memperkuat tulang dan otot, sehingga risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis bisa dihindari. Olahraga lari juga membantu meningkatkan kepadatan tulang kaki dan pinggul.

Meningkatkan kekebalan Tubuh

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga lari, serangan alergi udara dingin, batuk, pilek, flu bisa dihindari. Berlari teratur juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya serangan berbagai penyakit.

Melawan Stress

Olahraga lari termasuk bentuk olah raga santai. Karena termasuk olahraga santai, maka dengan berlari bisa membantu meringankan tingkat stress seseorang.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berlari juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini adalah jenis olahraga kardio yang berdampak peningkatan sirkulasi, menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung yang terkait.

Membantu Dalam Penurunan Berat Badan

Jika Anda ingin mengurangi berat badan dengan memutuskan untuk berolahraga berlari adalah tepat. Karena olahraga berlari adalah jenis olahraga yang sangat bagus dalam membakar kalori dan minim menimbulkan cedera.

Meningkatkan Energi

Saat bangun tidur, apakah Anda pernah merasakan tidak bergairah? Jika ya, segeralah untuk memulai berolahraga lari. Karena dengan berlari, energi dalam tubuh Anda akan meningkat. Semakin rajin berolahraga lari, maka Anda akan bergairah kembali.

Memperbaiki Pencernaan

Olahraga lari membantu alat pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Anda akan cenderung lapar setelah berlari, karena kalori dalam tubuh Anda terbakar. Saat berlari jarak jauh, pastikan Anda membawa makanan ringan dan penambah energy.

Membakar Lemak di Tubuh

Olahraga berlari membantu membakar lebih banyak sel lemak, sehingg tubuh tampak sehat. Olahraga lari juga meningkatkan metabolisme tubuh Anda, dan secara tidak langsung membuang lemak yang tidak diinginkan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Menjalankan membantu meningkatkan cirulation seluruh tubuh. Karena ini, otak Anda akan lebih banyak oksigen dan nutrisi, yang memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi di tempat kerja.

Kualitas Tidur Lebih Bagus

Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari. Cobalah berolahrga lari di pagi hari. Pasalnya, olahraga lari membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Karena di pagi harinya Anda berlari, maka di malam harinya tubuh Anda terasa lelah dan akan menikmati tidur yang mendalam.

Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa studi menyimpulkan bahwa berolahraga lari atau berjalan secara teratur membantu untuk menurunkan risiko diabetes tipe-2.

Membantu Mengatasi Depresi

Berolahraga lari juga bisa membantu menurunkan depresi dan kecemasan. Dengan berlari diharapkan diri Anda merasa lebih baik.

Memperlambat Penuaan

Olahraga lari membantu Anda terlihat lebih muda. Struktur tulang Anda menjadi lebih kuat serta kulit tampak bercahaya.

Trigliserida Tetap Sehat

Lemak ini bermanfaat memberikan energi bagi tubuh. Trigliserida mengalir dalam aliran darah. Olahraga lari akan mempertahankan tingkat trigliserida yang sehat dalam tubuh Anda, dan menurunkan risiko berbagai masalah yang terkait dengan itu.

Meningkatkan Kesehatan Sendi

Berlari membantu meningkatkan kekuatan ligamen dan tendon, sehingga meningkatkan kekuatan sendi dan mengurangi kemungkinan melukai pergelangan kaki dan lutut.

Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Olahraga lari secara teratur membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata dan juga membantu menyeimbangkan koordinasi tubuh.

Latihan Aerobik

Olahraga lari secara teratur juga merupakan bentuk latihan aerobik. Hal ini akan membantu mengangkat suasana hati, membuat Anda sehat secara fisik dan kesehatan meningkat.

17 Manfaat Olahraga Lari Yang Wajib Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts